Daerah Kaliurang terkenal sebagai daerah peristirahatan. Pada masa sebelum kemerdekaan, daerah Kaliurang dijadikan tempat peristirahatan oleh orang-orang Belanda yang tinggal di Yogyakarta karena hawanya yang sejuk. Tak heran, berbagai villa dan hotel bertumbuhan, siap menampung masyarakat yang ingin berlibur sejenak dari keriuhan kota.

Vogels Hostels and Restaurant termasuk salah satunya. Terkenal sebagai youth hostels yang digemari para backpacker, hostel ini tak hanya menyediakan tempat bermalam. Vogels Hostels and Restaurant rupanya juga memiliki harta karun kuliner yang menarik. Kalau boleh saya katakan, di sinilah budaya barat yang berasal dari sejarah Kaliurang dan kebutuhan hostel itu sendiri berpadu dengan kebiasaan setempat.

Teh Poci Susu (Rp 9.000,-) adalah salah satunya. Awal-mula kemunculan teh poci di Kaliurang memang tak lagi dapat dilacak. Namun saya ingat, di tahun ’90-an nongkrong di teh poci Kaliurang memang satu-satunya hiburan malam yang dapat dilakukan di Kaliurang. Sebuah warung yang buka 24 jam menyuguhkan teh poci dan menjadi tempat wajib didatangi bila ke Kaliurang malam hari. Karena kunjungan-kunjungan ke warung teh poci itulah, diingatanku, Kaliurang menjadi terkait erat dengan teh poci.

Di Hostel Vogels ini, teh poci hadir dengan konsep berbeda. Layaknya kuliner barat, teh hadir bersama susu, namun disuguhkan dalam poci tanah liat tradisional, lengkap cangkir tanah liat dengan gula batunya. Susunya merupakan susu sapi murni asli Kaliurang – yang merupakan salah satu daerah penghasil susu sapi di area Yogyakarta.

Selain Teh Poci Susu, Hostel Vogels juga menyajikan menu Roti Bakar Telur Dadar Sayur Keju (Rp 15.000,-). Dari apa yang tertera di buku menu, tampaknya ini makanan yang sederhana dan berasal dari kebiasaan daerah setempat. Namun rupanya, meski tetap sederhana, apa yang tersuguh mirip dengan menu sarapan a la kuliner barat: roti toast dengan omelette keju.

Hanya saja cara pembuatannya menunjukkan kebiasaan daerah setempat. Roti bakar (bukan panggang) disajikan seperti toast. Sementara, telur dadar disajikan seperti omelette, dengan campuran irisan kubis dan tomat. Keju ditaburkan di atas telur dadar yang telah dilipat menjadi setengah lingkaran.

Di tempat ini juga dapat ditemukan makanan khas Manado seperti Paniki dan Garorica. Pemilik Vogels Hostels and Restaurant, Christian Awuy yang merupakan keturunan Manado memasukkan makanan Manado ke dalam menu mereka. Selain itu, masih banyak pilihan makanan lain yang sepertinya akan memberikan kejutan-kejutan ringan di penyajiannya.

Berbagai menu Vogels Hostels and Restaurant dapat dinikmati di restorannya yang memiliki ruangan terbuka, sehingga pengunjung dapat merasakan sejuknya hawa Kaliurang yang nyaman. Di sini, waktu serasa terhenti.

 

Vogels Hostel
Buka: 07.00-21.00 WIB

Jl. Astamulya 67, Kaliurang.
Telp: 0274-895208
@VogelsHostel