Ayam bakar 3 Berku merupakan salah satu ayam panggang yang cukup terkenal di Yogyakarta. Berbeda dengan rasa ayam panggang lainnya yang didominasi oleh rasa manis kecap, ayam bakar Berku memiliki rasa manis yang berdampingan dengan rasa gurih dari santan murni.

Ibu Yun Purwanti Kusuma mendirikan usaha ayam bakar ini secara tidak sengaja. Awalnya, ia hanya berniat memasak untuk acara selapanan anak ketiganya berupa 200 potong ayam bakar yang disebarkan ke tetangga dan kerabat. Siapa sangka, ayam bakar masakan Ibu Yun mendapat respon yang positif – banyak teman yang menanyakan di mana tempat memesan ayam tersebut.

Pesanan ayam bakar yang menggunakan resep ayah dengan sedikit modifikasi tersebut mulai mengalir. Ibu Yun membuka restonya dengan basis pelanggan yang cukup banyak. Nama 3 Berku diambil dari gabungan nama-nama ketiga anaknya. Apa yang tadinya dikerjakan sambil lalu, mulai digeluti dengan serius. Pelanggannya pun bertambah.

Rahasia rasa yang lezat ini terletak pada bumbu olesnya yang menggunakan santan murni. Santan ini kemudian diolah menjadi areh – yang nantinya digunakan sebagai bumbu oles – dengan memasaknya selama 8 jam. Sebelum dibakar, ayamnya terlebih dahulu direbus dengan menggunakan bumbu bacem sehingga rasa manis baceman meresap masuk dan daging ayam bertekstur lembut meski yang digunakan adalah ayam kampung.

Salah satu menu spesial lainnya adalah pepes jeroan. Isi dari pepes ini adalah bagian-bagian ayam yang tidak dapat disate. Cara memasakya tak jauh berbeda, yaitu dibacem terlebih dahulu. Bumbu pepesnya menggunakan areh yang sama dengan yang digunakan untuk olesan membakar. Rasanya tak jauh berbeda dengan ayamnya: paduan manis dan gurih.

Meski awalnya hanya usaha rumahan, kini namanya sudah cukup dikenal masyarakat Yogyakarta. Pelanggannya pun tak lagi hanya dari dalam kota Yogyakarta. Ayam Bakar 3 Berku saat ini juga menerima pesanan dari luar kota seperti Jakarta, Surabaya, bahkan hingga Hong Kong.

Ayam Panggang 3 Berku
Jl. Kusumanegara No 185,
Yogyakarta, 55165
Telp: +62-274-377345